apa sih CPA, CPM, CTR, CPL, CPC ???

Bagi yang sudah masuk ke dalam dunia internet , apa lagi kalau tentang iklan , pasti anda sudah paham dengan kata - kata (CPA, CPM, CTR, CPL, CPC)


Sistem pembayaran di dunia internet dibagi menjadi 5, diantaranya






  • CPM (Cost Per Miles)

Yang paling pertama, CPM.
Dalam matematika dasar, 1 mile = 1000

Dengan kata lain, anda akan mendapat bayaran setiap 1000 impression dari iklan CPM yang anda pasang.
Sederhananya, impression adalah suatu keadaan dimana pengunjung melihat iklan advertiser muncul di layar mereka. Nah, 1000 impression berarti iklan-iklan advertiser harus muncul selama 1000 kali di layar pengunjung, baru anda dibayar.
Biasanya iklan sistem CPM ini digunakan di situs situs portal berita atau situs direktori yang memiliki ratusan pengunjung tiap harinya.


  • CPC (Cost Per Click)

Dulu, sistem penghitungan yang paling populer adalah penghitungan menggunakan sistem CPC, atau bisa disebut Cost Per Click.

Sesuai dengan namanya, anda akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung anda terhadap iklan-iklan CPC dari ads provider.
Biasanya sih iklan-iklan dengan penghitungan CPC digunakan di blog-blog yang masih berkembang. Tapi tidak menutup kemungkinan blog atau situs sepopuler apapun juga menggunakan iklan-iklan CPC.
Nah, seiring perkembangan zaman, akhir-akhir ini posisi CPC menjadi sistem terpopuler pun lengser, tergantikan oleh CPL..


  • CPL (Cost Per Lead)


Cost Per Lead (CPL), sering disebut-sebut sebagai sistem pembayaran yang paling populer saat ini.
Cara kerjanya, anda akan dibayar setiap pengunjung mendaftar melalui iklan anda.

Sebenarnya tidak selalu tentang pendaftaran, yang terpenting anda harus bisa membuat pengunjung menambah tingkat konversi advertiser mereka dengan mengisi form yang ada.


  • CPA (Cost Per Action)


Katakan saja CPA, sistem yang satu ini menggunakan sistem yang unik.
Meski CPL juga identik dengan sistem ini, tapi sebenarnya berbeda.
Lebih jelasnya, para penyedia iklan CPA akan membayar anda setiap pengunjung anda melakukan action sesuai yang mereka harapkan. Misalkan anda akan dibayar jika pengunjung mengikuti polling, survey, dsb.
Berbeda dengan CPL yang dikhususkan pada action mengisi form pendaftaran..


  • CTR (Cost Through Rate)


Terakhir, CTR.
Melalui sistem satu ini, anda akan dibayar sesuai presentase iklan yang diklik.
Jadi begini, semakin sering iklan anda muncul dan dilihat pembaca, maka semakin besar pula peluang untuk diklik, bukan ?

Ya itu intinya. Penghitungan dilakukan menggunakan formula sebagai berikut.
Impression (berapa kali iklan muncul) / Click (berapa kali iklan muncul diklik)
Meski terkadang sangat ribet dan tidak efisien, tapi penggunaan sistem CTR pada penghitung pembayaran sangat sangat fleksibel dibanding yang lain.



SUMBER
Previous
Next Post »